Menghitung Kebutuhan AC untuk di rumah

Kebutuhan AC memang penting di era saat ini, terlebih yang memiliki rumah dan ruang kerja.

Saat menyusun denah ruangan untuk rumah, selintas mungkin terpikir untuk menghitung berapa kebutuhan ac untuk ruangan ini, mungkin untuk kamar tidur utama, mungkin untuk kamar tidur anak, atau mungkin juga untuk ruang keluarga, ruang baca dan mungkin ruang meeting untuk kantor kecil dirumah.

Sedangkan saat kita ingin membeli ac atau pendingin ruangan, kita ditanyakan kebutuhannya berapa PK? apa ini PK, berapa watt si ac ini? kok malah pakai PK? trus gimana caranya saya tau ruangan saya butuh berapa PK.

Nah berikut coba mimin sampaikan bagaimana caranya menghitung AC untuk kebutuhan-kebutuhan diatas tadi. Apalagi anda sedang mencoba mewujudkan rumah tinggal impian ada bersama PFPland.id

Yuk kita mulai berhitung kebutuhan nya.

Tahap paling awal menghitung kebutuhan ac adalah, berapa ukuran ruangan yang ingin anda pasang ac atau pendingin ruangan tersebut. Semisal kamar tidur utama yang akan kita pasang, dengan ukuran yaitu:

  • lebar 4 meter
  • panjang 4 meter
  • tinggi 4,5 meter (tinggi dari lantai ke plafon)

maka dari data ini kita bisa dapatkan volume ruangan kamar tidur utama yaitu: 72 meter kubik (m3)

Lalu untuk ac sebagai alat kan di toko satuan nya adalah PK. apa si PK itu min?

PK Merupakan Singkatan dari Paard Kracht, artinya Daya Kuda atau HP atau horse power.

1 (satu) PK (Paard Kracht) = 735.5 watt = 0.986 HP (Horse Power). 1 (satu) PK secara teori bisa atau cukup untuk mendinginkan ruangan seluas 50 m3 (LxPxT=4x5x2.5) namun hal ini masih relatif, karena hal ini bisa berubah tergantung dari sumber panas di dalam ruangan tersebut.

nah klo gitu sekarang BTU itu apa min,…?

BTU merupakan singkatan dari British Thermal Unit, atau Satuan Panas Britania. BTU adalah suatu satuan energi yang banyak digunakan di Amerika Serikat. Sesuai dengan namanya, satuan energi ini juga masih sering Anda jumpai di Britania Raya atau UK yang berkaitan dengan sistem pemanas dan pendingin lama.

Hubungan BTU di dalam ac yaitu sebagai satuan energi dengan AC atau pendingin udara adalah di mana BTU/h dapat menyatakan kemampuan kinerja alat untuk mendinginkan atau mengurangi panas pada suatu ruangan, dengan kondisi dan luas tertentu dalam waktu 1 jam.

Apabila BTU/h Anda katakan semakin tinggi, maka semakin cepat pula AC mendinginkan suatu area atau ruangan yang luasnya sesuai besaran BTU/h.

Jika di ringkas, dikonversi maka satuan BTU dan PK akan menjadi seperti berikut ini.

BTU ac

selain itu masih ada faktor lain yang akan menjadi sumber panas dari ruangan tersebut yang akan mempengaruhi kebutuhan ac ruangan anda, yaitu

  • I = 10 jika terisulasi dengan ruangan lain
  • I =18 jika tidak terisulasi dengan ruangan lain
  • E= 16 Jika menghadap utara
  • E= 17 Jika menghadap timur
  • E= 18 Jika menghadap selatan
  • E = 20 Jika menghadap barat

Maka Rumus nya akan menjadi seperti berikut:

BTU = Volume * 3.33 x I *3.33 x E * 3.33 :60

jadi BTU nya menjadi:

BTU = 72 * 3.33 x 10 * 3.33 x 16 * 3.33 :60

BTU = 7089

Maka kebutuhan AC cukup di 3/4 PK. namun Jika pilihan nya ke 1 PK, maka ruangan akan lebih cepat dingin daripada jika menggunakan 3/4 PK. dan Jika pilihan nya jatuh kepada 3/4 PK, maka konsumsi listrik nya akan menjadi 559 watt.

Nah dari contoh perhitungan ini maka anda sudah makin bisa untuk menentukan berapa si kebutuhan untuk ruangan-ruangan yang lain. Dan selanjutkan bisa kita atur berapa di kebutuhan dana yang diperlukan. Agar memudahkan setuju ndak kalo mimin sertakan file excel untuk memudahkan anda berhitung…?

Layanan lain : Pengembang Perumahan, Pengembang rumah jogja, perencana rumah, rencana gedung bertingkat, desain rumah tinggal, Kontraktor rumah, Kontraktor bangunan, Pemasaran rumah, realtor, solar panel, hemat energi untuk bangunan anda, smart home, smart building, IOT for your home, decorative concrete, beton hias, cleaning service rumah tinggal, baju daster untuk dirumah, handuk untuk mandi, handuk untuk hotel, handuk mewah, Taman modern rumah di perkotaan, urban garden

Join The Discussion

Compare listings

Compare